Google telah lama berjaya sebagai mesin cari internet terpopuler di dunia. Tidak hanya di mesin pencari, Google pun tenar di bidang yang lain, misalnya di pasar smartphone dengan OS Android.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998. Sampai saat ini, keduanya masih aktif menjadi pemimpin Google dengan Larry Page menjadi pejabat CEO.

Inilah beberapa fakta menarik tentang Google yang harus anda ketahui.

1. Google Doodle pertama

Google sering mendandani desain mesin carinya, yang biasanya berkaitan dengan peristiwa atau perayaan penting tertentu. Julukannya adalah Google Doodle. Namun pada masa awalnya, Google Doodle tidak dibuat untuk merayakan peristiwa tertentu.

Pada tahun 1998, Google Doddle pertama muncul. Kala itu, Brin dan Page pergi berkunjung ke festival bernama Burning Man dan tidak bisa mengurusi Google. Karyawan yang lain pun sedang libur.

Maka didesainlah Google Doddle dengan lambang Burning Man untuk menunjukkan pada pengakses bahwa mereka sedang keluar kantor. Rupanya, mereka harap dimaklumi jika tidak bisa membenarkan masalah teknis, misalnya jika ada crash tertentu di Google.

2. Storage dari Lego

Pada tahun 1996, Google masih dalam tahap percobaan. Mereka membuat storage pertamanya yang hanya berkapasitas 40 GB. Uniknya, bahan pembuatan casingnya dari Lego, mainan yang bisa disusun menjadi bentuk-bentuk tertentu.

Apa alasannya Lego dipilih menjadi konstruksi storage Google pertama ini? Kabarnya karena Lego mudah dimodifikasi dan biayanya murah. Maklum kala itu, Google baru bermodal sangat sedikit.

3. Tweet pertama

Google bergabung juga di Twitter, situs mikroblogging yang sedang tenar saat ini. Pesan pertama mereka diposting pada Februari 2009. Mau tahu apa postingannya?

“I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010.” Konon artinya adalah “I’m feeling lucky”, salah satu frase terkenal Google.

4. Menyewa kambing

Google terkenal niat merayakan April Mop, hari di mana banyak orang melakukan keisengan. Mereka bahkan pernah menyewa cukup banyak kambing dari pertenakan bernama California Grazing.

Pada lelucon tahun 2009 itu, Google mengaku menyewa kambing untuk memotong rumput liar yang tumbuh di sekitar kantor pusatnya. Memakai kambing dinilai lebih ramah lingkungan ketimbang mesin pemotong rumput. Akhirnya, diketahui sewa kambing ini hanya keisengan April Mop ala Google.

5. Google jadi kosa kata

Saking populernya, Google akhirnya dianggap sebagai kata dan masuk dalam kamus bahasa Inggris bergengsi. Kamus Merriam Webster dan Oxford English Dictionary memasukkan kata Google sebagai verb atau kata kerja.

Tidak dapat dipungkiri, Google memang begitu identik dengan mesin cari online. Jika ingin mencari sesuatu, cukup banyak orang berkata googling saja!.

6. Menggemari anjing

Google dikenal sebagai perusahaan yang ramah terhadap kehadiran anjing. Karyawan diizinkan membawa anjing ke kantor, dengan catatan si anjing perilakunya tidak mengganggu.

Cukup banyak karyawan dan pejabat Google membawa anjing kesayangannya ke kantor. Seperti Yoshka pada gambar di atas, adalah anjing kepunyaan Urs Holzle, Senior VP Operations Google.

7. Snack pertama

Google juga dikenal sangat memanjakan karyawannya, misalnya dalam soal makanan. Sampai saat ini, tersedia makanan lezat gratis untuk para pekerja Google, karena sejak awal Google tidak ingin pegawainya kesulitan mencari makanan.

Nah, snack pertama Google diketahui adalah Swedish Fish, yang berisi beragam permen kenyal. Snack ini diberikan pada tahun 1999, pada masa awal berdirinya Google.

8. Ada 'dinosaurus' di kantor Google

Kantor pusat Google di Mountain View dikenal dengan suasananya menyenangkan. Fasilitasnya lengkap, dekorasinya pun sangat fun sehingga membuat karyawan betah berlamal lama bekerja.

Di salah satu sudutnya, ada pemandangan unik. Yaitu replika kerangka dinosaurus jenis T Rex. Tampaknya, bekerja di kantor Google jauh dari kata membosankan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top